SINGA PEMBERANI DARI BANGKALAN MADURA


Letkol Inf. Anumerta Moh Sroedji



(SINGA PEMBERANI ITU GUGUR DI KARANGKEDAUNG)





Letkol Inf. Anumerta Moh Sroedji (lahir Bangkalan Madura 1 Februari 1915 Wafat di Karangkedaung Jember 8 Februari 1949 Diumur yang ke 34 Tahun)
Beliau merupakan salah satu Pahlawan Nasional Indonesia.Beliau mendapat gelar pahlawan nasional pada 3 November 2017, setelah presiden Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Mahaputera Utama kepada beliau.
Beliau lahir dari pasangan H. Hasan dan Hj Amni Soeradji, istri beliau bernama Hj.Mas Roro Rukmini dan memiliki 4 orang anak dari pernikahannya.
  Beliau mengenyam pendidikan di HIS dan Ambacts Leergang (sekolah pertukangan) di tahun 1938 hingga 1943. Beliau bekerja sebagai pegawai jawatan kesehatan di RS Kreongan Jember (sekarang menjadi RS paru).
    


              Memulai karier militer di tahun 1943 dengan pangkat Komandan Kompi (Chudanco) di Peta Basuki, jabatan ini beliau peroleh setelah mendapat pendidikan PETA di Bogor. Setelah lulus beliau ditugaskan sebagai Komandan Kompi di Keresidenan Besuki (Batalyon 1 Kencong) dibawah pimpinan Daidancho Soewitro Soediro. Beliau juga berperan aktif dalam pembentukan BKR dan TKR di wilayah keresidenan Besuki. September 1945 sampai Desember 1946 beliau berturut-turut dilantik sebagai Komandan Batalyon Resimen 1, Resimen IV, Divisi VII, TKR untuk wilayah Kencong Jember. Antara Mei 1948 sampai Oktober 1948 beliau menjadi Komandan Resimen 40 Damar Woelan pada Divisi VIII. Tanggal 25 Oktober 1948 Resimen beliau di lebur dan menjadi Brigade III Divisi I Jawa timur.
Beliau wafat pada 8 Februari 1949 Saat melawan Belanda di desa Karangkedaung Jember Jawa timur diusia yang ke 34 tahun


(dirangkum dari berbagai sumber)

#semuabolehbelajarsejarah

Komentar