Drs. Moh. Hatta JANJI MERDEKA BERSYARAT MENIKAH

                     
                                            Drs. Moh. Hatta 
                      
                        
 ( "Aku rela di penjara asalkan bersama buku, karena dengan buku aku bebas.")
                               
Drs. Moh. Hatta tentu sudah tidak asing lagi bagi kita. Lahir di Bukittinggi Sumatera Barat 12 Agustus 1902 dan wafat di Jakarta 14 Maret 1980, beliau merupakan putra dari pasangan Muhammad Djamil, seorang keturunan ulama tarekat dari Batuhampar Payakumbuh Sumatera Barat dan Siti Saleha. Ibu beliau berasal dari keluarga pedagang ternama dari Bukittinggi. Beliau terlahir dengan nama Athar yang berarti "harum"

Disini saya ingin sedikit membahas sisi lain dati seorang Bung Hatta Yaitu Janji Merdeka Bersyarat menikah, Berikut kisahnya

Bung Hatta dikenal sebagai sosok yang dingin terhadap wanita, berkali-kali usaha untuk meluluhkan "sifat dingin" beliau namun tak kunjung berbuah hasil maksimal, dari mulai gadis Polandia hingga Aktivis sosial namun beliau tidak bergeming, Karena satu Janji "Jika Indonesia belum merdeka, Maka Aku tak akan menikah." Namun setelah Indonesia merdeka Akhirnya cinta itu datang jua, Gadis Asal Bandung menjadi pilihan beliau. Ya Ibu Rahmi Rachim puteri keluarga Bapak Abdul Rachim.

"Waktu saya bertanya kepada Hatta, gadis mana yang dia pilih, jawabnya: ‘Gadis yang kita jumpai waktu kita berkunjung ke Instituut Pasteur, yang duduk di kamar sana, yang begini, yang begitu, tapi saya belum tahu namanya." Dengan R. Soeharto Bung Karno datang ke rumah Bapak Abdul Rachim untuk melamar Ibu Rahmi untuk Bung Hatta.
18 November 1945 di sebuah villa Di Megamendung Bogor beliau menikah dengan Ibu Rahmi dengan mas kawin buku Alam Pikiran Yunani.

Serangkaian sifat romantis beliau tunjukkan selama mengarungi bahtera rumah tangga dengan Ibu Rahmi, mulai dari membawa sandwich buatan beliau saat istri beliau melahirkan hingga memberikan tempat didalam mobil  yang tidak terkena matahari ke istri beliau, beliau juga menjaga gaya berbusana beliau di depan anak-anak beliau.
selama beliau berumahtangga, kehidupan beliau aman dan tentram dan dikaruniai 3 putri Ibu Halidah Hatta, Ibu Mutia Hatta, dan Ibu Gemala Hatta

Demikian Artikel singkat saya tentang Sisi Lain Bung Hatta, semoga bermanfaat

Selamat hari lahir Bung Hatta

(Dirangkum dari berbagai sumber)

Sumber Foto : Wikipedia.com

Komentar