SATYA KU DARMAKAN, DARMA KU BAKTIKAN

 HARI INI PRAMUKA BERDIRI 


Hasil gambar untuk berdirinya pramuka

14 Agustus 1961 genap 59 tahun yang lalu Pramuka berdiri, ya sebuah organisasi yang menjadi salah satu tulang punggung pendidikan khusus kepemudaan di Indonesia. Organisasi yang menjadi wadah bagi pemuda-pemudi Indonesia dalam mengeksplore apa yang ada di diri mereka dan alam sekitar, menuangkan segala kreatifitas, memahami arti gotong royong dan kebersamaan, dan yang paling penting serta paling utama mencetak generasi muda Indonesia menjadi manusia yang kreatif, inovatif, menghargai sesama serta menjadikan generasi muda kita menjadi generasi emas yang berlandaskan pada Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, Tri Satya, dan Dasadarma.

      Saya pernah mengikuti Pramuka saat SMP dan SMA kemarin, disitu saya merasakan cukup banyak manfaat yang saya dapat, mulai dari mendapat kawan baru yang belum saya jumpai sebelumnya, ilmu baru tentang bagaimana berorganisasi (walaupun sebelumnya saya juga mengikuti organisasi lain di sekolah saya), menyusun acara dengan baik dan detail, menyampaikan pendapat saat tengah berdiskusi dengan baik, menghargai pendapat orang lain, bagaimana cara bersosialisasi dengan baik baik ke teman sebaya ke pembina atau ke kakak pelatih. Cukup banyak pengalaman dan ilmu yang saya dapatkan selama saya mengikuti Pramuka.

     Terkadang saya ingin mengulang masa saya selama berada di Pramuka, karena saat itu saya berada di kelas akhir jadinya cukup sulit buat saya untuk membagi waktu antara Pramuka dengan jadwal untuk bimbel persiapan UN (walaupun akhirnya UN di tiadakan karena pandemi Covid-19.) Memang tak banyak pengalaman saya di Pramuka, namun ada satu pengalamn yang paling saya ingat. Saat pelantikan sebagai Bantara saya adalah yang tertua yang dilantik saat itu (saya kelas 12 itu dan yang lain kelas 10 dan 11) sehingga saat selesai pelantikan saya di panggil Bantara tua oleh rekan sejawat saya. Saya juga sempat kena marah oleh teman saya yang juga teman di organisasi yang saya ikuti sebelumnya sebelum saya masuk Pramuka (walaupun sebenarnya dia begitu karena ingin terlihat galak saja hahaha.) 

      Mungkin tak banyak pengalaman yang saya bisa tulis disini, namun ijinkan saya sebagai orang yang dahulu ikut Pramuka mengucapkan 

Selamat Hari Pramuka ke 59 Tahun, Jayalah Pramuka Jayalah Indonesia 


Satya Ku Darmakan, Darma Ku Baktikan  


Sumber foto : Wikipedia.com 

  

Komentar