SELAMAT HARI LAHIR PAK SUTOYO


MAYOR JENDERAL TNI ANUMERTA SUTOYO SISWOMIHARJO






Mayor Jenderal TNI Anumerta Sutoyo Siswomiharjo lahir di Kebumen Karanganyar Jawa Tengah 28 Agustus 1922 wafat di Lubang buaya 1 Oktober 1965. Beliau adalah salah satu dari pahlawan revolusi Indonesia yang gugur dalam peristiwa G30S PKI, beliau wafat pada usia 43 tahun.  Beliau memiliki 3 anak dari Istri pertama beliau yaitu Bapak Agus Widjojo, Ibu Nani Nurrachman Sutoyo  dan Alm. Bapak Ari Wicaksono, lalu di tahun 1955 beliau menikah dengan Ibu Suparmi namun tidak memiliki anak dari pernikahan beliau. Beliau memiliki kegemaran  membaca dan bermain gitar,  
Beliau menyelesaikan sekolah sebelum invasi Jepang ke Indonesia pada tahun 1942. Masa pendidikan beliau di mulai dari HIS lanjut ke MULO kemudian ke AMS. Selepas sekolah beliau mengabdikan diri sebagai pegawai negeri di Purworejo namun pada 1944 beliau mengundurkan diri.


Karier beliau dimulai pada tahun 1945 saat beliau bergabung ke bagian Polisi Militer Tentara Keamanan Rakyat (TKR) yang merupakan cikal-bakal dari Korps Polisi Militer (CPM). Juni 1946 beliau diangkat menjadi ajudan Kolonel Gatot Subroto dan setelahnya beliau terus mengalami kenaikan pangkat selama pengabdian beliau di polisi militer. 1954 beliau menjadi Kepala Staf di Markas Besar Polisi Militer Indonesia, 2 tahun kemudian tepatnya pada 1956 beliau menjadi Atase Militer Indonesia untuk Kerajaan Inggris (sumber lain mengatakan beliau menjadi asisten atase) hingga tahun 1959. Selama disana keluarga beliau dikenal sangat terbuka kepada siapapun. Para mahasiswa, para perwira dan para pejabat yang  tengah menempuh pendidikan atau tengah datang ke London selalu datang dan mendapat  sambutan yang hangat dari keluarga beliau. Sepulang dari tugas beliau sebagai atase, beliau mengikuti pelatihan di Sekolah Staf dan Komando TNI AD (SESKOAD) di Bandung. Selama mengikuti pendidikan SESKOAD, keluarga beliau menetap di Bandung hingga tahun 1960 dan setahun kemudian  beliau mendapat tugas baru sebagai Inspektur Kehakiman TNI AD.

Beliau gugur pada peristiwa G30S PKI setelah diculik dari kediaman beliau di Jalan Sumenep No. 17 Menteng Jakarta Pusat dan tutup usia di usia 43 tahun.




Sumber : Buku Dari Hati ke Hati oleh Ibu A. Yani

Komentar